MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 046573 RH. BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SITOHANG, YASMITA UTAMI PRATAMA, 1605030386 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 046573 RH. BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 046573 Rh. Berastagi. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi Benda di Sekitarku, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 046573 Rh. Berastagi yang berjumlah 32 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan Model Example Non Example, Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 58,58% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 68 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individual adalah 17 siswa dan yang tidak tuntas secara individual adalah 15 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 53,13% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 46,87% dan nilai rata- rata nya 69,84. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu : hasil observasi aktivitas guru sebesar 79,16% kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 84 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu ada 28 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 4 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 87,5% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 12,5% dan nilai rata-rata nya adalah 80,62. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Example non Example telah berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa tercapai dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA Materi Benda di Sekitarku di kelas III SD Negeri 046573 Rh.Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Example Non Example Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIRizki Bastanta B. Manalu, M.Pd-NIDN. 0119089201
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:04
Last Modified: 08 Dec 2020 03:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item