TRIAYUMI,, 1605030061 (2020) ANALISIS KESULITAN MENENTUKAN IDE POKOK SETIAP PARAGRAF DALAM SATU WACANA SISWA KELAS V SD SWASTA BINTANG SERGAI TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa menentukan ide pokokdan untuk mengetahui faktor penyebab siswa sulit dalam menentukan ide pokok. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya siswa yang masih mengalamikesulitan dalam menentukan ide pokok. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Swasta Bintang Sergai Tahun Ajaran2019/2020. Dengan menggunakan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SDSwasta Bintang Sergai. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknikpengumpulan data adalah tes dan wawancara. Teknik Analisa data menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata seluruh siswa dalam menentukan idepokok pada wacana narasi adalah 49,08 dari 21 siswa. Dari persentase perolehanskor siswa dari hasil tes sesuai dengan letak kalimat utama. Paragraf deduktifmemperoleh tingkat persentase 71,42% dengan kategori sangat kurang, paragraf induktif memperoleh tingkat persentase 76,19% dengan kategori sangat kurang dan paragraf campuran memperoleh persentase 80,95% dengan kategori sangatkurang. Dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan menentukan kalimat utama pada paragraf campuran. Faktor penyebabnya adalah kurangnya ketertarikan siswa untuk belajar materi menentukan ide pokok suatu paragraf,kurangnya penggunaan media saat guru mengajarkan materi menentukan idepokok suatu paragraf yang mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa tentangmenentukan ide pokok suatu paragraf.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty Analysis Determining Main Ideas | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research of Language, Related Topics of Language | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Dec 2020 03:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Dec 2020 03:28 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/866 |
Actions (login required)
View Item |