MENINGKATKAN HASIL BELJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS IV SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SINULINGGA, SARI CEMPAKA BR,, 1605030145 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS IV SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan media audio pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada Tema 6 “Cita citaku”Subtema 1 Pembelajaran 1dikelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 040544 Dolat Rayat. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam belajar khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV b SD Negeri 040544 Dolat Rayat yang berjumlah 20 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan media audio. Pelaksanaan penelitian siklus I di peroleh data yaitu: Hasil observasi aktivitas guru 56,7% kategori cukup,hasil observasi aktivitas siswa 64% kategori Cukup,jumlah siswa yang tuntas secara individu berjumlah 15 siswa dan tidak tuntas 5 siswa, sedangkan siswa tuntas secara klasikal adalah 75%dan yang tidak tuntas adalah 25%, dan nilai rata-ratanya adalah 72,1%. Sedangkan pada siklus II hasil Observasi aktivitas guru 77% kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa 74% kategori baik, jumlah siswa yang tuntas 19 siswa dan tidak tuntas 1 siswa, siswa yang tuntas secara klasikal adalah 95% dan tidak tuntas 5%, dan nilai rata-rata siklus II adalah 85%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio telah berkategri baik, ketuntasan belajar tercapai dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada Tema 6 “Cita-citaku”Subtema 1 Pembelajaran 1dikelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcome, Audio Media
Subjects: 400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIKarmila Br Karo, S.Sos., M.Si-NIDN. 0130118304
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:54
Last Modified: 08 Dec 2020 03:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item