MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040462 BERASTAGI TP. 2019/2020

WULANDARI, PUTRI, 1605030195 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040462 BERASTAGI TP. 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untu mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Make a Match pada mata pelajaran IPA materi Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Tema 3 Subtema 1 Siswa Kelas IV Sd Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 39 orang,terdapat 19 laki-laki dan 20 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA materi Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Tema 3 Subtema 1 di kelas IV SD Negeri 040462 Berastagi T.P 2019/2020. Alat pengumpul data adalah Pilihan Berganda dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil akhir dari penelitian diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 34 orang atau 87,1%, rata-rata kelas 72,8 dan hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa sudah berkategori baik karena hasil deskripsi kegiatan guru mencapai 76,3% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 80. Dengan demikian pelaksanaan dan hasil pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Make a Match di kelas IV SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar= hipotesis

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Application of Make a Match Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIEti Muliani, M.Pd-NIDN. 0123118802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:26
Last Modified: 08 Dec 2020 04:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item