MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 048072 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, ERIMARANATA BR,, 1605030130 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 048072 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata nilai siswa, ketuntasan belajar siswa, dan perbedaan kemampuan siswa yang signifikan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran dalam Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari kelas IV SD Negeri 048072 Kabanjahe, tahun pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 048072 Kabanjahe. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih kesulitan pada materi Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 048072 Kabanjahe yang berjumlah 40 orang dan sebagai objek adalah perbaikan pembelajaran dalam Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari yang dilakukan dengan menggunakan Metode Demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pembelajaran pada Siklus I aktivitas guru 60,45% berkategori cukup, aktivitas siswa 69,09 berkategori cukup, ketuntasan klasikal yakni 67,5 % dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 74,5. Sedangkan hasil pembelajaran pada siklu II aktivitas guru 68,45% berkategori baik, aktivitas siswa 89,09 berkategori baik, ketuntasan klasikal 87,5 % dan dapat dikatan siswa telah tuntas klasikal dan rata-rata nilai individu 84 dan sudah mencapai KKM sekolah yakni 70. Berdasarkan analisis penelitian diproleh rata-rata nilai siswa meningkat, ketuntasan belajar siswa, tuntas secara individu dan klasikal, serta ada perbedaan kemampuan siswa yang signifikan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran dengan menggunkan metode Demonstrasi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research (CAR), Learning Outcomes, Methods Learning, Demonstration Method.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIAser Paul Nainggolan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0104029001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Dec 2020 07:30
Last Modified: 08 Dec 2020 07:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item