SEMBIRING, ERIMARANATA BR,, 1605030130 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 048072 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata nilai siswa, ketuntasan belajar siswa, dan perbedaan kemampuan siswa yang signifikan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran dalam Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari kelas IV SD Negeri 048072 Kabanjahe, tahun pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 048072 Kabanjahe. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih kesulitan pada materi Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 048072 Kabanjahe yang berjumlah 40 orang dan sebagai objek adalah perbaikan pembelajaran dalam Manfaat Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari yang dilakukan dengan menggunakan Metode Demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pembelajaran pada Siklus I aktivitas guru 60,45% berkategori cukup, aktivitas siswa 69,09 berkategori cukup, ketuntasan klasikal yakni 67,5 % dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 74,5. Sedangkan hasil pembelajaran pada siklu II aktivitas guru 68,45% berkategori baik, aktivitas siswa 89,09 berkategori baik, ketuntasan klasikal 87,5 % dan dapat dikatan siswa telah tuntas klasikal dan rata-rata nilai individu 84 dan sudah mencapai KKM sekolah yakni 70. Berdasarkan analisis penelitian diproleh rata-rata nilai siswa meningkat, ketuntasan belajar siswa, tuntas secara individu dan klasikal, serta ada perbedaan kemampuan siswa yang signifikan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran dengan menggunkan metode Demonstrasi.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Action Research (CAR), Learning Outcomes, Methods Learning, Demonstration Method. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Dec 2020 07:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Dec 2020 07:31 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/871 |
Actions (login required)
View Item |