MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PURBA, NURMALA SARI BR,, 1605030094 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan rendahnya hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA di kelas lV SD Negeri 040483 Payung. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan Media Gambar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040483 Payung pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas lV 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang. Sebagai objek adalah menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran IPA di kelas lV SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2 35 menit. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata siswa 77,6 yang tuntas sesuai nilai KKM sebanyak 17 orang siswa dengan persentase 68%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 32% dari 25 orang siswa, karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 81,2 yang tuntas sesuai KKM sebanyak 22 siswa dengan persentase 88%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 12% dari 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 040483 Payung khususnya mata pelajaran IPA Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanannya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Image Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIJan Bobby N Barus, M.Pd-NIDN. 01110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Dec 2020 08:38
Last Modified: 08 Dec 2020 08:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item