MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SINAGA, PESTAULI BR, 1605030096 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (954kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (589kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (876kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada tema 5 sub tema 2 Hubungan Antar Mahkluk Hidup Dalam Ekosistem di Kelas V SD Negeri 040483 Payung, penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas Vsebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilnya. Setelahpelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 16 orang siswa (69.57%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yaitu 73,91. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model picture and picture diperolehtingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 20 orang siswa (86.95%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 040483 Payung pada pembelajaran IPA Hubungan Antar Mahkluk Hidup Dalam Ekosistem.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture and picture learning models, and natural science (IPA) learning outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIYunistita, M.Si-NIDN. 0119069101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Dec 2020 08:58
Last Modified: 08 Dec 2020 08:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item