SINAGA, PESTAULI BR, 1605030096 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (954kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (386kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (320kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (589kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (876kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (308kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada tema 5 sub tema 2 Hubungan Antar Mahkluk Hidup Dalam Ekosistem di Kelas V SD Negeri 040483 Payung, penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas Vsebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilnya. Setelahpelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 16 orang siswa (69.57%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yaitu 73,91. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model picture and picture diperolehtingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 20 orang siswa (86.95%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 040483 Payung pada pembelajaran IPA Hubungan Antar Mahkluk Hidup Dalam Ekosistem.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Picture and picture learning models, and natural science (IPA) learning outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Dec 2020 08:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Dec 2020 08:58 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/873 |
Actions (login required)
View Item |