UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SINULINGGA, MUSTIKA BR,, 1605030109 (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : a) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Examples Non Examples pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020, b) ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Examples Non Examples pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020, c) peningkatan hasil belaja siswa dengan menggunakan model Examples Non Examples pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040483 Payung pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas III 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 orang. Sebagai objek adalah menggunakan Model Examples Non Examples pada mata pelajaran IPA di kelas III SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2 35 menit. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi guru, siswa dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata siswa 68 yang tuntas sesuai nilai KKM sebanyak 17 orang siswa dengan persentase 65%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 35% dari 26 orang siswa, karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 91 yang tuntas sesuai KKM sebanyak 24 siswa dengan persentase 92%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan persentase 8% dari 26 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas kelas III SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Examples Non Examples, and Natural Sciences Subjects
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IResti Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Pembimbing IIJan Bobby N Barus, M.Pd-NIDN. 01110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 11 Dec 2020 02:33
Last Modified: 11 Dec 2020 02:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item