MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUB TEMA 2 KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG T.P 2019/2020

SINURAYA, EVI ARTINA BR,, 1605030061 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUB TEMA 2 KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG T.P 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040483 Payung yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 6 Sub Tema 2 daur hidup hewan.Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil observasi aktivitas guru yaitu 72,3% dan aktivitas siswa yaitu 82%, masuk dalam kategori baik. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang siswa yang memperoleh tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar, dengan demikian secara klasikal terdapat 88% yang tuntas belajar. Serta nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 84. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040483 Payung T.P 2019/2020

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcomes, STAD Type Cooperative Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIYunistita, M.Si-NIDN. 0119069101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 11 Dec 2020 07:24
Last Modified: 11 Dec 2020 07:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item