MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATPELAJARAN PKn TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PANDIA, DINA OCTAVIA, 1605030012 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATPELAJARAN PKn TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan model scramble materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku di kelas IV SD Negeri 040483 Payung. Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari II siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model scramble diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 17 orang siswa (70,83%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yaitu 76.6. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model scramble diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 21 orang siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040483 Payung pada mata pelajaran PKn tema 7 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model scramble dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science
300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 11 Dec 2020 08:00
Last Modified: 11 Dec 2020 08:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item