ANALISIS KESULITAN SISWA MEMAHAMI ISI BACAAN DI KELAS IV SD NEGERI 060922 MEDAN SUNGGAL T.A 2019/2020

ZEBUA, PIPIT PARTIWI, 1605030036 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MEMAHAMI ISI BACAAN DI KELAS IV SD NEGERI 060922 MEDAN SUNGGAL T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa memahami isi bacaan dan apa kesulitan-kesulitan siswa memahami isi bacaan dan faktor penyebab kesulitan siswa memahami isi bacaan di kelas IV SD Negeri 060922 Medan Sunggal. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan instrument tes (digunakan untuk faktor penyebab kesulitan siswa memahami isi bacaan). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060922 Medan Sunggal pada tanggal 20 januari 2020. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060922 Medan Sunggal berjumlah 43 siswa yang hadir 36 siswa dan sekaligus objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam kemampuan memahami isi bacaan adalah 60,89 dari siswa 36 siswa. Ada dua aspek tes yang bisa di lihat yaitu aspek kedua dan aspek keempat, siswa tidak mampu memahami waktu dan tidak mampu membuat pertimbangan. Aspek kedua tidak mampu memahami waktu menunjukkan bahwa 26 orang siswa yang mencapai kriteria sangat kurang dengan presentase 72,22%, dan aspek keempat yaitu tidak mampu membuat pertimbangan menunjukkan bahwa 30 orang siswa yang mencapai kriteria sangat kurang dengan presentase 83,33%. Kemampuan ini dapat ditunjukan dari hasil tes yang telah dilaksanakan peneliti. Dari hasil tes dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa siswa tidak memahaminya dan siswa memiliki rasa malas atau bosan saat siswa disuruh membaca dan memahaminya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Able To Know Words, Able To Understand Time, Able To Understand Overall, Able To Make Consideration.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJainal B Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 01224028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 11 Dec 2020 08:44
Last Modified: 11 Dec 2020 08:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item