PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

BRAHMANA, ADELIA AGUSTINA BR, 1605030341 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa padamata pelajaran IPA dengan menggunakan menggunakan model Problem Based Learning Berorientasi HOTS dan pembelajaran Konvensional pada Materi Panasdan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan.Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah Model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA masih kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah quasieksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhiryang diperoleh kelas VA 78 yakni kels eksperimen dengan menggunakan modelpembelajaran Problem Based Learning dan kelas VB 41 yakni kelas kontrol.Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudiandigambarkan kedalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswasetelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Problem Based Learningdikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol.Pengujianhipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan a= 0,05 dan dk = (2-1)(3-1)=2 di dapat x 2 (0,95)(2) =5,99Dari hasil pengujianhipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Problem Based Learning Berorientasi HOTS terhadap hasil belajar IPAmateri Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, PBL, HOTS
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196709021993022002
Pembimbing IIIrwansyah, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 11 Dec 2020 09:10
Last Modified: 11 Dec 2020 09:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item