GINTING, SITI MAHARA BR, 1605030234 (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 101861 TADUKAN RAGA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan model Kooperatif Tipe Group Investigation dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sifat-sifat Cahaya di kelas IV SD Negeri 101861 Tadukan Raga Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101861 Tadukan Raga Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 25 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essay. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 59 (kriteria cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 75 (kriteria baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 68 (kriteria cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 88 (kriteria baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 19 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 6 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 22 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 76% dan untuk Siklus II yaitu 88%. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA dengan materi Sifat-sifat Cahaya di kelas IV SD Negeri 101861 Tadukan Raga Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Results of learning, Investigation Group, Sains. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2020 03:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Dec 2020 03:46 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/880 |
Actions (login required)
View Item |