ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PENULISAN PARTIKEL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR KWALA BEKALA T.A 2019/2020

SINURAT, SISKA CLARISA, 1605030139 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PENULISAN PARTIKEL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR KWALA BEKALA T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa dalam penulisan partikel pada mata pelajaran bahasa Indonesia, serta untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam penuliisan partikel pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Kwala Bekala. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 060938 Medan Johor Kwala Bekala T.A 2019/2020. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Kwala Bekala yang berjumlah 36 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) kemampuan siswa dalam penulisan partikel pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Kwala Bekala T.A 2019/2020 adalah berkriteria tidak mampu dengan nilai rata-rata 58,56, (2) kesulitan siswa dalam penulisan partikel pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Kwala Bekala T.A 2019/2020 adalah berada pada kesulitan penulisan partikel per,dan (3) faktor penyebab kesulitan siswa dalam penulisan partikel pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Kwala Bekala T.A 2019/2020 adalah karena guru kurang maksimal dalam mengajarkan tentang partikel pada mata pelajaran bahasa Indonesia sehingga siswa kurang paham untuk membedakan penulisan partikel yang ditulis serangkai dan terpisah, guru belum maksimal membiasakan siswa menulis dengan memperhatikan penulisan partikel pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulties, Indonesian language, particle writing
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research of Language, Related Topics of Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 12 Dec 2020 04:03
Last Modified: 12 Dec 2020 04:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item