ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENGUBAH KATA TIDAK BAKU MENJADI BAKU DI KELAS V SD SWASTA GKPS PASAR III NAMORAMBE T.A 2019/2020

NATALIA, RIBKA, 1605030153 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENGUBAH KATA TIDAK BAKU MENJADI BAKU DI KELAS V SD SWASTA GKPS PASAR III NAMORAMBE T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa dalam mengubah kata tidak baku menjadi baku serta faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa mengubah kata tidak baku menjadi baku di Kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe yang berjumlah 45 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) kemampuan siswa dalam mengubah kata tidak baku menjadi baku di Kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah berkriteria tidak mampu dengan nilai rata-rata 59,33, (2) kesulitan siswa dalam mengubah kata tidak baku menjadi baku di Kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah bila dilihat dari segi gramatikal dan segi bahasa asing, dan (3) faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam mengubah kata tidak baku menjadi baku di Kelas V SD Swasta GKPS Pasar III Namorambe T.A 2019/2020 adalah karena siswa sering menulis secara terburu-buru dan kurang memperhatikan penulisannya. Selain itu, guru juga kurang maksimal untuk membiasakan siswa menulis dengan memperhatikan tulisannya menggunakan kata baku khususnya guru wali kelas.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, Word Raw, Word Not Raw
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research of Language, Related Topics of Language
400 Language > 410 Linguistics > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 12 Dec 2020 04:28
Last Modified: 12 Dec 2020 04:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item