UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 046574 SADA PERARIH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TARIGAN, SAMPE MALEM, 1605030232 (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 046574 SADA PERARIH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Demonstrasi di kelas V SD Negeri 046574 SadaPerarih Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 046574 SadaPerarih yang berjumlah 25 orang siswa, dan sebagai objek penelitian ini adalah menggunakan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA dengan materi Gaya. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument yang digunakan berupa tes tertulis yang berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentae 59,9% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 66, sedangkan dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 15 siswa dari 25 siswa dan yang tidak tuntas 10 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 60% dan nilai rata-rata siswa 60,8%. Berdasarkan tes Siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 77,9% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 84, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 22 siswa dari 25 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada Siklus II yaitu 88% dan nilai rata-rata siswa 83,2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya di kelas V SD Negeri Negeri 046574 Sada Perarih tahun Pelajaran 2019/2020 sudah tuntas secara klasikal dan mencapai kategori baik dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya di kelas V SD Negeri Negeri 046574 SadaPerarih Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demonstration Method, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IINurlia Ginting, M.Pd--
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 12 Dec 2020 05:07
Last Modified: 12 Dec 2020 05:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item