PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060922 MEDAN SUNGGAL T.A 2019/2020

BINARIA, 1605030019 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060922 MEDAN SUNGGAL T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan ModelPembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDNegeri 060922 berjumlah 40 siswa yang terbagi menjadi dua kelas pararel. Danyang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 40 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)dengan alat pengumpulan data yaitu test berupa Essay yang dibatasi dengan ranahkognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan PreTest yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan Pelaksanaan PostTest menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)memperoleh nilai rata-rata 82,08 dan Post Test dalam menggunakan modelpembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 72,08. Berdasarkan hasilpengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswapada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenismakanannya di kelas IV SD Negeri 060922 T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning Model Think Pair Share (TPS), Student learning outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina M. Br Tarigan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0111108901
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Pd., M.Si-NIDN. 0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:39
Last Modified: 15 Dec 2020 02:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item View Item