PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101800 DELITUA TAHUN AJARAN 2018/2019

GINTING, KRIS A, 1505030156 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101800 DELITUA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar siswa pada materi Alat indara manusia fungsi dan alat pemeliharaannya dengan menggunakan media Powerpoint dan tidak menggunakan media Powerpoint di kelas IV SD Negeri 101800 Delitua Tahun Ajaran 2018/2019.Lokasi penelitian ini di SD Negeri 101800 Delitua. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Juli 2019 sampai tanggal 19 Juli 2019. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV A dan IV B dimana masing-masing kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Media Penelitian ini adalah Powerpoint. Analisis data dilakukan untuk mengetahui mean, standar deviasi, uji normalitas data, uji homogenitas varians dan uji independen antara dua faktor. Sebelumnya hasil rata-rata belajar siswa pada tes awal di kelas IV A adalah 62.40 dan hasil rata-rata belajar siswa kelas IV B adalah 60.13. Setelah pembelajaran di kelas IV A menggunakan media Powerpoint diperoleh hasi rata-rata belajar siswa pada tes akhir adalah 79.70, sementara hasil rata-rata belajar siswa di kelas IV B dengan tidak menggunakan media Powerpoint adalah 75.40. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran dengan tidak menggunakan media Powerpoint pada mata pelajaran IPA Alat indara manusia fungsi dan alat pemeliharaannya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Powerpoint Media, Nature in Science.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196709021993022002
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:14
Last Modified: 15 Dec 2020 03:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item