UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 046574 SADAPERARIH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SITEPU, KASIANTA BR, 1605030308 (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 046574 SADAPERARIH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar. Lokasi dan waktu penelitian ini adalah di SD Negeri 046574 Sadaperarih dilaksanakan pada tanggal 05 desember 2019 - 06 desember 2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama yaitu 2 x 35 menit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi lingkungan sehat di kelas III SD Negeri 046574 Sadaperarih Tahun Pelajaran 2019/2020. Alat pengumpulan data lembar observasi dan tes. Dari analisis data, diperoleh hasil observasi guru dengan persentase 60% dan aktivitas siswa 66,6 yang yang termasuk dalam kategori Cukup. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I terdapat 13 orang siswa yang tuntas belajarnya dengan persentase 40,90%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 19 orang siswa yang tuntas belajarnya dengan persentase 86,36%, serta nilai rata-rata juga meningkat dari 70 menjadi 86,36. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Example Non Example pada materi lingkungan sehat di kelas III SD Negeri 046574 Sadaperarih Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Results, Model Example Non Example
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Jainab, M.Pd-NIDN. 132252325
Pembimbing IIDrs. Wajib Pandia, M.Si-NIP. 196212311991021001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:25
Last Modified: 15 Dec 2020 03:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item