MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MILALA, KARTIKA SARI DEWI BR, 1605030278 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Peristiwa Aladi kelas V SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 043951 SurbaktTahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 16 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Peristiwa Alam menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essay. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 72 kriteria baik dan hasil siklus II diperoleh sebesar 80 kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 77.7% kriteria baidan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 88.8% kriteria baik. Ketuntasan hasbelajar siswa pada siklus I secara individu yaitu 9 orang dan yang belum tuntas sebanyak 7 orang sedangkan pada siklus II yaitu 14 orang dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 56,25% dan siklus II yaitu 87,50%. Nilai rata – rata siswa pada siklusyaitu 62,5 dan nilai rata – rata siswa pada siklus II yaitu 76,56. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Peristiwa Alam di kelas SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020 meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, learning outcomes, non-example example type cooperative learning model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:03
Last Modified: 15 Dec 2020 04:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item