MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 046573 RH. BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GINTING, ALEXANDER, 1605030347 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 046573 RH. BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (452kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (759kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (860kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)

Abstract

Tujuan dari penlitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sub Tema Sikap Kepahlwanan di SD Negeri 046573 Rh. Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020 dan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui Model Make a Match Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sub Tema Sikap Kepahlawanan di SD Negeri 046573 Rh. Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek Penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 32 orang, 15 laki-laki dan 17 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sub Tema Sikap Kepahlawanan di SD Negeri 046573 Rh. Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Alat pengumpulan data adalah Tes Essay dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil akhir dari penelitian diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 28 orang atau 87,50%, rata-rata kelas 80 dan hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkategori baik karena hasil deskripsi kegiatan guru mencapai 78,1% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84. Dengan demikian pelaksanaan dan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Make a Match di kelas IV SD Negeri 046573 Rh. Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar = hipotesis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Make a Match learning model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Jainab, M.Pd-NIDN. 132252325
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:37
Last Modified: 15 Dec 2020 07:37
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item