MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON-EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 040464 KANDIBATA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, MARIANI BR, 1605030300 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON-EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 040464 KANDIBATA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan materi lingkungan Sehat dan Tidak Sehat dengan Menggunakan Model Examples Non-Examples di Kelas III SD Negeri 040464 Kandibata Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 040464 Kandibata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIISD Negeri 040464 Kandibata yang berjumlah24 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan Mengunakan Model Pembelajaran Model Examples Non-Examples.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 72,2% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan jumlah84,4, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 22 orang siswa dari 24 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 2 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 91.7% dan nilai rata-rata siswa 78,75. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, Pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara klaksikal dan hasil belajar siswa meningkat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Model Examples Non-Examples pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IIISD Negeri 040464 Kandibata Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Non-Examples Examples Learning Model.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:41
Last Modified: 16 Dec 2020 02:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item