PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU MATERI PERPINDAHAN PANAS ATAU KALOR DI KELAS V SDN 105355 SUKAMULIA T.A 2019/2020

SARAGI, TERESYA, 1605030184 (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU MATERI PERPINDAHAN PANAS ATAU KALOR DI KELAS V SDN 105355 SUKAMULIA T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh strategi pembelajaran aktif teknik card sort terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perpindahan panas atau kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif teknik card sort dan pembelajaran konvensional dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada materi perpindahan panas atau kalor. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan analisis data yang digunakan adalah uji independen atara dua faktor dan derajat pengaruh strategi pembelajaran dengan hasil belajar. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa dalam perpindahan panas atau kalor menggunakan strategi pembelajaran aktif teknik card sort diperoleh nilai rata-rata 82,45, menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 75,95 dan ada pengaruh yang signifikan melalui penggunaan strategi pembelajaran aktif teknik card sort terhadap hasil belajar IPA materi perpindahan panas atau kalor di kelas V SDN 105355 Sukamulia Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Card Sort Technique, Students Result
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Perangin-angin, M.Pd-NIDN. 0129078503
Pembimbing IIGemala Widiyarti, M.Pd-NIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:50
Last Modified: 16 Dec 2020 03:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item