ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWAKELAS V SD NEGERI 101799 DELITUA T.A 2019/2020

SYAFITRI, WINDA NUR, 1605030188 (2020) ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWAKELAS V SD NEGERI 101799 DELITUA T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kesulitan membaca cepat siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 101799 Delitua T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 101799 Delitua T.A 2019/2020, untuk mengetahui penyebab kesulitan membaca cepat siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 101799 Delitua T.A 2019/2020, dan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan guru dalam mengatasi siswa yang berkesulitan membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 101799 Delitua T.A 2019/2020. Berdasarkan analisis data diperoleh kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 101799 Delitua T.A 2019/2020 adalah rendah, karena hasil membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 101799 Delitua T.A 2019/2020 belum mencapai KPM dan dengan perolehan KPM tertinggi sebesar 168 KPM hasil tersebut belum mencapai KPM untuk tingkat SD sebesar 180 KPM. Berdasarkan observasi penilaian, presentase kesalahan dalam membaca cepat yang terdiri dari tiga aspek yaitu, kebiasaan membaca, kekeliruan pemahaman, dan mengenal kata. Dari ketiga aspek faktor penyebab kesulitan membaca cepat siswa bahwa aspek mengenal kata merupakan aspek tertinggi dari kesulitan membaca siswa dengan frekuensi 14 dan tingkat persentase sebesar 50,00%. Dengan demikian maka penyebab siswa berkesulitan membaca cepat adalah faktor mengenal kata. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada 28 siswa diketahui faktor penyebab siswa berkesulitan membaca cepat adalah faktor dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu faktor IQ dan kelainan yang dimiliki siswa seperti kurangnya rasa percaya diri, kurangnya daya konsentrasi dan banyak siswa yang belum bisa membaca, dan faktor terakhir adalah faktor lingkungan belajar yaitu suasana kelas. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru kelas V SD Negeri 101799 Delitua upaya yang telah dilakukan guru adalah dengan memberikan les membaca kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca cepat, mengadakan membaca literasi, sebelum pembelajaran berlangsung guru menyuruh siswa yang berkesulitan membaca untuk kedepan kelas membaca teks bacaan. Guru juga memberikan siswa yang berkesulitan membaca untuk membaca dan tidak membeda-bedakan antar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty in Fast Reading
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research of Language, Related Topics of Language
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:56
Last Modified: 16 Dec 2020 04:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item