MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040462 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

SITUMEANG, NIKSON, 1605030146 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040462 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040462 Berastagi, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPA Tema 3 subtema 1 Pembelajaran ke 2 Sistem Pencernaan pada Manusia. Tes yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan data hasil pelaksanaan pembelajaran pada lembar observasi aktivitas guru siklus I adalah 59,1% berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 69,3% berkategori baik. Pada lembar observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh hasil 66 berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 84 berkategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual siklus I adalah 20 orang siswa, pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 22 orang siswa dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal meningkat siklus I 83,3% meningkat menjadi 91,6% dengan nilai ratarata siklus I adalah 83,3, pada siklus II meningkat menjadi 92,5. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture berkategori baik, hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, hasil belajar siswa meningkat, dan hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA Tema 3 subtema 1 Pembelajaran ke 2 Sistem Pencernaan pada Manusia di kelas V SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Learning Outcomes, Picture and Picture Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S.Pd., M.Si-NIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Dec 2020 08:44
Last Modified: 18 Dec 2020 08:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item