MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040466 LAU SIMOMO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GINTING, HENAYU PUTRI BR, 1605030090 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040466 LAU SIMOMO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari peelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Examples Non Examples pada mata pelajaran IPA tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 Bagian Rangka Manusia dan Fungsinya di SD Negeri 040466 Lau Simomo Tahun Pelajaran 2019/2020 dan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui Model Example Non Example pada mata pelajaran IPA tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 Bagian Rangka Manusia dan Fungsinya di SD Negeri 040466 Lau Simomo Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek Penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 27 orang. Objek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan Model Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 Bagian Rangka Manusia dan Fungsinya di SD Negeri 040466 Lau Simomo Tahun Pelajaran 2019/2020. Alat pengumpulan data adalah berbentuk Pilihan Berganda dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil akhir dari penelitian diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 24 orang atau 88,89%, rata-rata kelas 87,41 dan hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkategori baik karena hasil deskripsi kegiatan guru mencapai 80% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84. Dengan demikian pelaksanaan dan hasil Pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Example Non Example di kelas V SD Negeri 040466 Lau Simomo Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar = hipotesis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Leraning Outcomes, Learning Models Example Non Example
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Jainab, M.Pd-NIDN. 132252325
Pembimbing IIJuwita Tindaon, M.Pd-NIDN. 0107048503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Dec 2020 09:01
Last Modified: 18 Dec 2020 09:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item