MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 040466 LAU SIMOMO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KABAN, NANDA ADELIA BR, 1605030106 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 040466 LAU SIMOMO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Examples Non Examples pada mata pelajaran IPA Tema 3 subtema 2 Pembelajaran 1 Wujud Benda dan Sifat-sifat Benda di SD Negeri 040466 Lau Simomo Tahun Pelajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui Model Examples Non Examples pada mata pelajaran IPA Tema 3 subtema 2 Pembelajaran 1 Wujud Benda dan Sifat-sifat Benda di SD Negeri 040466 Lau Simomo Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek Penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan Model Examples Non Examples untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema 3 subtema 2 Pembelajaran ke 1 Wujud Benda danSifat-sifat Benda di SD Negeri 040466 Lau Simomo Tahun Pelajaran 2019/2020. Alat pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan berganda dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategori baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Siklus I terdapat 18 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan dan hasil Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model pembelajaran Examples Non Examples di kelas III SD Negeri 040466 Lau Simomo Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, implementation of examples non examples models
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S.Pd., M.Si-NIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Dec 2020 09:19
Last Modified: 18 Dec 2020 09:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item