MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040464 KANDIBATA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUKATENDEL, TAWARIANA BR, 1605030231 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040464 KANDIBATA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Benda dan Sifatnya di SD Negeri 040464 Kandibata Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040464 Kandibata Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040464 Kandibata yang berjumlah 20 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Bendadan Sifatnya dengan menggunakan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan tes pilihanberganda. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 58,9% (kategori cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 75,6% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 68 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 86(kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 8 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 12 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 17 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 40% dan untuk Siklus II yaitu 85%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 65,5 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 77,5.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIEti Muliani, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0123118802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:52
Last Modified: 21 Dec 2020 03:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item