UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040464 KANDIBATA T.P 2019/2020

TARIGAN, PERONIKA BR, 1605030246 (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040464 KANDIBATA T.P 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Masehi 03 Kabanjahe yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil observasi aktivitas guru yaitu 81% dan aktivitas siswa yaitu 84%, masuk dalam kategori baik. Dari 30 orang siswa terdapat 26 orang siswa yang memperoleh tuntas belajar dan 4 orang siswa yang tidak tuntas belajar, dengan demikian secara klasikal terdapat 86,67% yang tuntas belajar. Serta nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 83,66. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Masehi 03 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Class Action Research, Learning Outcomes, Numbered Heads Together Learning Model.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IINurlia Ginting, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0116099001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 11 Jan 2021 08:17
Last Modified: 11 Jan 2021 08:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item