MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040458 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RAHMA, CUT SISKA DWI, 1605030120 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040458 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup di Kelas III SD Negeri 040458 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penlitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 36 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup menggunakan Model Examples Non Examples. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi untuk guru, lembar observasi untuk siswa dan tes. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran, dimana hasil pelaksanaan untuk aktivitas guru meningkat menjadi 75,9% (Kriteria Baik), hasil aktivitas siswa 86 (Baik). Dan hasil belajar siswa yang tuntas 32 siswa (88,89%) dari 36 siswa dan yang tidak tuntas 4 siswa (36,11%) dari 36 siswa, dan mencapai nilai rata-rata 80. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan Model Examples Non Examples pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup di kelas III SD Negeri 040458 Berastagi tahun pelajaran 2019/2020 sudah meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Subjects, Non Examples Examples Model, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIAser Paul Nainggolan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0104029001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 11 Jan 2021 08:50
Last Modified: 11 Jan 2021 08:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item