MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 040462 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SITANGGANG, MARIANTI ALOISIA BR, 1605030195 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 040462 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Word Square Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada di Kelas III SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penlitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahap yaitu :perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas III SD menggunakan Model Word Square. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi untuk guru, lembar observasi untuk siswa dan tes. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada aspek aktivitas guru 58,5%, berkriteria cukup, aspek aktivitas siswa mendapat nilai 52 berkriteria cukup. Nilai rata-rata 70,66, ketuntasan belajar secara klasikal 56,67%. Hasil penelitian siklus II pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil obsevasi aktivitas guru 79,3 berkriteria baik, observasi aktivitas siswa mendapat nilai 88 berkriteriabaik, ketuntasan klasikal 86,67%, nilai rata-rata 85,33 dan peningkatan hasil belajar 22,65%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan Model Word Square pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas III SD Negeri 040462 Berastagi tahun pelajaran 2019/2020 sudah meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Word Square Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IINilam Sari, S.Si., M.Pd-NIDN. 0107048503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:21
Last Modified: 12 Jan 2021 07:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item