SITANGGANG, RAHMAT PAULUS, 1605030259 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 046573 RH. BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (469kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (568kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (698kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (434kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sub Tema Peninggalan Sejarah di SD Negeri 046573 Rh. Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020 dan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sub Tema Peninggalan Sejarah di SD Negeri 046573 Rh. Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek Penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI yang berjumlah 32 orang, 12 laki-laki dan 23 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sub Tema Peninggalan Sejarah di SD Negeri 046573 Rh.Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Alat pengumpulan data adalah Tes Essay dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil akhir dari penelitian diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 28 orang atau 87,50%, rata-rata kelas 80 dan hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkategori baik karena hasil deskripsi kegiatan guru mencapai 78,1% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84. Dengan demikian pelaksanaan dan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SD Negeri 046573 Rh. Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar = hipotesis.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Implementation of the STAD Cooperative Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2021 07:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2021 07:54 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/926 |
Actions (login required)
View Item |