PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PINEM, BILLY GABRIEL, 1605030277 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 068008 Medan Tuntungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperiment. Sampel yang digunakan sebanyak 52 siswa, terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VI- A sebanyak 26 siswa dan kelas VI- B sebanyak 26 siswa. Kelas VI- A diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match dan kelas VI- B menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Samples t-test. Dari hasil pengolahan data (t hitung 1,091 < t tabel 2,008) artinya t hitung lebih kecil dari t tabel yang menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan. Perbandingan hasil hitung rata-rata nilai matematika yang menggunakan model pembelajaran Make A Match 84,62 sedangkan siswa yang menggunakaan model pembelajaran konvensional 82,31. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunan model pembelajaran Make A Match tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, The Learning Result of Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd-NIDN. 0103118701
Pembimbing IIRinci Simbolon, M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:24
Last Modified: 18 Jan 2021 02:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item