HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 064023 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

SUKATENDEL, NATASIA YOVANI BR, 1605030253 (2020) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 064023 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1). Bagaimana Kebiasaan Membaca di kelas V SD Negeri 064023 Medan, (2). Bagaimana Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di kelas V SD Negeri 064023 Medan, (3). Adakah Hubungan yang Signifikan antara Kebiasaan Membaca terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas V SD Negeri 064023 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 064023 Medan yang berjumlah 38 siswa. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 064023 Medan yang berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data Kebiasaan Membaca yaitu dengan menyebar angket kepada siswa sedangkan nilai hasil belajar siswa kelas V diambil melalui wali kelas V SD Negeri 064023 Medan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rata-rata Kebiasaan Membaca siswa di peroleh 79.39. Hasil yang diperoleh dari korelasi product moment sebesar 0.55 tau 55% dengan tingkat signifikan lebih kecil 0.05 artinya Hubungan antara kedua variabel tersebut sedang karena nilai korelasi tersebut berada diantara 0.40-0.599. Hasil dari = 3.99 sedangkan = 2.024. lebih besar daripada, sehingga ditolak dan diterima. Artinya Ada Hubungan yang signifikan antara Kebiasaan Membaca terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 064023 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Habbits, Indonesia Learning Outcomes
Subjects: 400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IINilam Sari, S.Si., M.Pd-NIDN. 0107048503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:41
Last Modified: 18 Jan 2021 02:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item