ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS IV SDN 064979 MEDAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2029/2020

TARIGAN, JUITA, 1605030281 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS IV SDN 064979 MEDAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2029/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menghitung operasi hitung campuran, kesulitan siswa dalam operasi hitung campuran dan faktor penyebab kesulitan pada materi matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 064979 Medan Sunggal. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang siswa sekaligus sampel peneliti. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket berupa Essay, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai beriku; (1) kemampuan menghitung operasi hitung campuran bilangan bulat kelas IV SDN 064979 Medan Sunggal diperoleh nilai rata-rata 40,81 dengan kriteria kurang, (2) kesulitan belajar dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran bilangan bulat terletak pada sulitnya siswa mengerjakan soal yang mana terlebih dahulu dikerjakan, salah mengartikan maksud dari soal serta belum menguasai materi, dan (3) yang menyebabkan siswa kesulitan dalam mengerjakan operasi hitung campuran adalah faktor minat, motivasi, alat dan buku, dan dukungan orangtua berkriteria cukup.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: difficulty learning mathematics mixed, counting operating material
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIJainal B Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:49
Last Modified: 18 Jan 2021 03:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/932

Actions (login required)

View Item View Item