PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2019/2020

SIMBOLON, MELPA HARTATITI, 1605030023 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi hasil belajar IPA yang diajar menggunakan model pembelajaran (NHT) dengan media Flash Card dan pengaruh yang signifikan model pembelajaran (NHT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 060930 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 60 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas pararel. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen test berupa Essay, teknik analisis data menggunakan uji independen dua faktor. Hasil penelitian diperoleh; (1) hasil belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran (NHT) dengan media Flash Card diperoleh nilai rata-rata 81,66 kategori sedang, (2) hasil belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran (NHT) diperoleh nilai rata-rata 72,29 kategori sedang, (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran (NHT) dengan media Flash Card Ternyata x = 6,37>x 2 (0,95)(2) = 5,99 maka H0 ditolak, atau H diterima. Sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran (NHT) dengan media Flash Card terhadap hasil belajar IPA Tema 6 Panas dan Perpindahnnya Subtema 2 Perpindahan Panas atau Kalor di Sekitar Kita Siswa Kelas V SD Negeri 060930 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NHT learning model, Flash Card media, learning outcomes of Natural Sciences
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:41
Last Modified: 18 Jan 2021 04:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item