MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI PADA POKOK BAHASAN JARING-JARING KUBUS KELAS V SDN 091380 SARIBUJANDI T.P 2019/2020

GINTING, LEVIANI, 1605030095 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI PADA POKOK BAHASAN JARING-JARING KUBUS KELAS V SDN 091380 SARIBUJANDI T.P 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (715kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan Media Vissual Tiga Dimensi pada pokok bahasan Jaring-jaring Kubus kelas V SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020 yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan Media Visual Tiga Dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/22020, dalam pembelajaran Matematika pada pokok bahasan Jaring-jaring Kubus. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes yang diberikan sebanyak 4 soal berbentuk essay. Soal tes dilakukan 2 kali yaitu pada siklus I dan siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil pembelajaran pada Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru diperoleh 60% dengan kriteria baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa diperoleh 68 dengan kriteria cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu diperoleh 17 siswa dari 22 orang dan ketuntasan secara klasikal diperoleh 77,2% dan nilai rata-rata sebesar 77. Menjadi meningkat pada Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 80,4% dengan kriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa diperoleh 88 dengan kriteria baik serta ketuntasan belajar siswa secara individu diperoleh 19 siswa dari 22 orang dan ketuntasan secara klasikal diperoleh 86% dan nilai ratarata 83,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan Media Visual Tiga Dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Jaring-jaring Kubus kelas V SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020 meningkat sebesar 8,3.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: three dimensional visual media, learning outcomes of cubes nets
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:33
Last Modified: 18 Jan 2021 07:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item