PENGARUH MODEL INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.A 2019/2020

TARIGAN, LIASNA NOVITA SARI BR,, 1605030303 (2020) PENGARUH MODEL INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh model inquiry menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model inquiry dengan media video dan pembelajaran konvensional dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada materi daur hidup hewan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor dan derajat pengaruh model pembelajaran dengan hasil belajar. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA materi daur hidup hewan menggunakan model Inquiry dengan menggunakan media video diperoleh nilai rata-rata 82,36, menggunakan pembelajaran konvensional di peroleh nilai rata-rata 71,52 dan ada pengaruh yang signifikan melalui penggunaan model Inquiry dengan media video terhadap hasil belajar IPA materi daur hidup hewan di kelas IV SDN 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inquiry model, Science learning outcomes.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd-NIDN. 0103118701
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:07
Last Modified: 18 Jan 2021 08:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item