MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GINTING, MAYANG SARI BR, 1605030131 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040469 Surbakti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Tiga yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran IPA pokok bahasan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Tes yang digunakan adalah soal essay dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 21 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Scramble pada pokok bahasan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk di kelas tiga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Models Scramble
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIJuwita Tindaon, M.Pd-NIDN. 0107048503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Jan 2021 07:41
Last Modified: 19 Jan 2021 07:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item