MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TARIGAN, MONIKA SARI BR, 1605030132 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 040469 Surbakti sebanyak 20 orang. Alat pengumpulan data berupa tes objektif dan lembar observasi pada materi alat indra manusia. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran sebagai berikut: aktivitas guru tergolong kriteria cukup yaitu dengan persentase yang diperoleh 60%. Sedangkan aktivitas siswa tergolong kriteria cukup dengan memperoleh nilai 68. Pada siklus II aktivitas guru tergolong kriteria baik yaitu dengan persentase 80%. Sedangkan aktivitas siswa tergolong kriteria baik yaitu dengan memperoleh nilai 84, dengan demikian maka peneliti tidak perlu melanjutkan siklus selanjutnya. Ketuntasan hasil pembelajaran diperoleh : siklus I dengan hasil tes belajar, sebanyak 11 siswa atau 55% yang tuntas belajar dan 9 siswa atau 45% yang tidak tuntas belajar. Siklus II dengan tes belajar, diperoleh sebanyak 18 siswa atau 90% yang tuntas dan 2 siswa atau 10% yang tidak tuntas belajar. Nilai rata-rata siswa sebagai berikut: siklus I dengan memperoleh nilai 69. Sedangkan siklus II dengan memperoleh nilai 85. Berdasarkan analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggnakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat indra manusia berkategori baik, serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Learning Model Talking Stick
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S.Pd., M.Si-NIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Jan 2021 08:05
Last Modified: 19 Jan 2021 08:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item