GINTIG, SINDI VIOLITA BR, 1605030203 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI DI KELAS V SD NEGERI 040458 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (598kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (193kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (277kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (407kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (644kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (271kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040458 Berastagi. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi Struktur Bumi, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040458 Berastagi yang berjumlah 26 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 59,8% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 54 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individual adalah 15 siswa dan yang tidak tuntas secara individual adalah 11 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 57,7% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 42,3% dan nilai rata- rata nya 69,88. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 75,3% kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 84 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu ada 23 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 3 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 88,46% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 11,54% dan nilai rata-rata nya adalah 82.07. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) telah berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa tercapai dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Struktur Bumi di kelas V SD Negeri 040458 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Learning Outcomes, Cooperative Model type Numbered Heads Together | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2021 02:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2021 02:52 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/944 |
Actions (login required)
View Item |