MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI DI KELAS V SD NEGERI 040458 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GINTIG, SINDI VIOLITA BR, 1605030203 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI DI KELAS V SD NEGERI 040458 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (407kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (644kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (271kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040458 Berastagi. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi Struktur Bumi, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040458 Berastagi yang berjumlah 26 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 59,8% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 54 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individual adalah 15 siswa dan yang tidak tuntas secara individual adalah 11 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 57,7% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 42,3% dan nilai rata- rata nya 69,88. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 75,3% kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 84 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu ada 23 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 3 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 88,46% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 11,54% dan nilai rata-rata nya adalah 82.07. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) telah berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa tercapai dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Struktur Bumi di kelas V SD Negeri 040458 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Cooperative Model type Numbered Heads Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKrista Surbakti, S.Pd., M.Si-NIDN. 0110078402
Pembimbing IIDrs. Wajib Pandia, M.Si-NIP. 196212311991021001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:51
Last Modified: 25 Jan 2021 02:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item