MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SUB TEMA 1 SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BANGUN, ELISA BR, 1605030225 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SUB TEMA 1 SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (312kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (676kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (128kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Course Review Horay tema 6 panas dan perpindahannya sub tema 1 suhu dan kalor di kelas V SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 043951 Surbakti. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 043951 Surbakti yang berjumlah 18 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode Course Review Horay tema 6 panas dan perpindahannya sub tema 1 suhu dan kalor di kelas V SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes essay sebanyak 3 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan ketuntasan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Hasil akhir penelitian kegiatan observasi guru dan siswa berkreteria baik karena deskripsi kegiatan observasi guru 80% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa 84, serta yang tuntas individu 16 orang, secara klasikal 89%, dan nilai rata-rata 85,83. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 panas dan perpindahannya sub tema 1 suhu dan kalor di kelas V SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning, learning outcomes, Course Review Horay method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993022002
Pembimbing IIVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.Pd-NIDN. 0121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Jan 2021 03:08
Last Modified: 25 Jan 2021 03:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item