MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040458 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GINTING, ELPI HERDYANI BR, 1605030329 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040458 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (391kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (561kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (119kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa serta peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Think Pair and Share pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan Fisik di Kelas IV SD Negeri 040458 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara lembar observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan hasil penelitian Siklus I diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada aspek aktivitas guru 60% berkriteria cukup, aspek aktivitas siswa mendapat nilai 68 berkriteria cukup, nilai rata-rata 66,36, ketuntasan belajar secara klasikal 63,63%. Hasil penelitian siklus II pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru 76,3% berkriteria baik, observasi aktivitas siswa mendapat nilai 80 berkriteria baik, ketuntasan klasikal 86,3%, nilai rata-rata 77,72 dan peningkatan hasil belaj ar 17,11%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar tuntas dan meningkat dengan penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan Fisik di kelas IV SD Negeri 0404458 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes Learning, Application of Think Pair And Share Models.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIJohanes Keliat, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0118028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Jan 2021 03:35
Last Modified: 25 Jan 2021 03:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item View Item