PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.A 2019/2020

SIBORO, LITA ESENSI, 1605030152 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh penggunaan model Contextual Teaching And Learning berbantuan alat peraga pada mata pelajaran IPA materi perpindahan kalor di sekitar kita. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Contextual Teaching And Learning berbantuan alat peraga dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA pada materi perpindahan kalor di sekitar kita. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa menggunakan model Contextual Teaching And Learning berbantuan alat peraga yaitu diperoleh nilai rata-rata 87.89, sedangkan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 73,57 dan ada pengaruh yang signifikan melalui penggunaan model Contextual Teaching And Learning berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar IPA materi perpindahan kalor di sekitar kita di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning model, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Perangin-angin, M.Pd-NIDN. 0129078503
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Jan 2021 07:35
Last Modified: 25 Jan 2021 07:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item