SIBARANI, FRISKA, 1605030261 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DALAM TEKS PARAGRAF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 101832 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa menemukan kalimat utama, serta faktor apa saja yang menjadi penyebab siswa kesulitan menemukan kalimat utama. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2020 di SD Negeri 101832 Pancur Batu dengan populasi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa menemukan kalimat utama dalam teks paragraf adalah 45,31% maka dapat dinyatakan siswa kelas V di SD Negeri 101832 Pancur Batu tidak mampu menemukan kalimat utama. Kesulitan yang dihadapi siswa berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan adalah bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menemukan kalimat utama. Kesulitan itu terletak pada indikator kalimat utama campuran (di awal dan akhir paragraf). Faktor penyebabnya yaitu faktor intenal: kurangnya minat membaca siswa sehingga mereka jarang membaca, bosan membaca bahkan tidak suka membaca, sedangkan faktor eksternal : guru yang masih menggunakan metode pembelajaran yang tidak bervariasi sehingga pemahaman siswa dalam membaca tidak meningkat.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | difficulty analysis, main sentence, Indonesian language | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2021 08:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2021 08:42 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/949 |
Actions (login required)
View Item |