MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS V SD NEGERI 044825 GUNDALING 1 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURHALIZA, SEPRIDA, 1605030107 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS V SD NEGERI 044825 GUNDALING 1 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (526kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (619kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (523kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 6 Subtema 2 semester 2 dengan mkenggunakan metode eksperimen di kelas V SD Negeri 044825 Gubdaling 1 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 044825 Gundaling 1 Berastagi yang berjumlah 30 orang siswa dan menjadi objek penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil pelaksanaan penelitian pembelajaran berdasarkan tes siklus I pada aktivitas guru berkategori cukup dengan nilai 59% dan aktivitas siswa berkategori cukup dengan nilai 68, ketuntasan individu 13 orang siswa yang tuntas dan 17 orang siswa yang tidak tuntas. Ketuntasan klasikal 43% yang tuntas dan 57% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 63,1. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus II dengan perbaikan, diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 74% dan hasil pelaksanaan aktivitas siswa 82 dari ketuntasan individu yang tuntas 26 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 87% yang tuntas dan 13% yang tidak tuntas dan nilai rata-rata siswa 80,5. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara individu dan klasikal, hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA Tema 6 Subtema 2 perpindahan kalor semester 2 di klelas V SD Negeri 044825 V Gundaling 1 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk persentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 28%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning. Learning Outcomes, Experimental Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIRizki Bastanta B. Manalu, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0119089201
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:48
Last Modified: 26 Jan 2021 02:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item