HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 060938 MEDAN JOHOR T.A 2019/2020

SIAHAAN, ELFITRISA B, 1605030155 (2020) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 060938 MEDAN JOHOR T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis karangan deskripsi kelas V SDN 060938 Medan Johor T.A 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060938 Medan Johor T.A 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 42. Sampel penelitian sebanyak 42 siswa yang diambil secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan tes, tes penguasaan kosakata (X) berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan kemampuan menulis deskripsi (Y) mengunakan tes yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata penguasaan kosakata siswa sebesar 66,79 dan rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi sebesar 68,07. Besarnya korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa yaitu r hitung sebesar 0,99 yang berkategori sangat kuat. Berdasarkan hasil analisis disimpulakan bahwa terdapat hubungan positif antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 060938 Johor Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relationships, Vocabulary Mastery, Writing Descriptions
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJainal B Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:35
Last Modified: 26 Jan 2021 04:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item