PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020

SIDEBANG, MAYA SARI BR, 1605030207 (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan model Student Facilitator and Explaining. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A dan kelas V-B yang berjumlah 48 orang siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 26 orang kelas V-A dan 22 orang kelas VB SD Negeri 065015 Medan Tuntungan tahun ajaran 2019/2020. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan instrument 5 soal tes essay, yang diujikan sebelum dilakukan perlakuan yang dimana fungsinya untuk mengetahui kesetaraan kemampuan kelas V-A dan kelas V-B. Sesudah diketahuai kesetaraan kemampuan kelas V-A dan kelas V-B diberikanlah perlakuan untuk kelas V-A menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan untuk kelas V-B menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Setelah diberikan perlakuan (post test) maka di dapatlah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi letak geografis Indonesia menggunakan model Numbered Head Together (NHT) di peroleh rata-rata 76,92 sedangkan menggunakan model Student Facilitator and Explaining diperoleh rata-rata 64,09, dengan simpulan hasil belajar siswa pada materi letak geografis Indonesia dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari pada menggunakan model Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2019 /2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes. numbered head togerher (NHT) learning model, student facilitator and explaining learning model.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason Mendrofa, M.Pd-NIDN. 0102075001
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd., M.Hum-NIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:13
Last Modified: 26 Jan 2021 07:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item