SURBAKTI, RENITA HANDAYANI BR, 1605030070 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN DALAM OPERASI PENJUMLAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 050629 TANJUNG LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika, kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal pada materi pecahan campuran dalam operasi penjumlahan. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SD Negeri 050629 Tanjung Langkat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik analisis data deskriftif. Teknik pengumpulan data tes, angket, wawancara. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV Tanjung Langkat. Dari hasil analisis data menunjukkan (1) Hasil belajar siswa masih kurang dengan rata-rata 58,32 berkriteria kurang. (2) Kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika yaitu menyamakan penyebut jika berbeda, perkalian pada penjumlahan pecahan campuran dan menyelesaikan soal pecahan campuran dalam operasi penjumlahan. (3) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika materi pecahan campuran dalam operasi penjumlahan yaitu minat siswa terhadap pembelajaran pecahan campuran berkriteria cukup, motivasi siswa untuk belajar pecahan campuran berkriteria cukup, kurang maksimalnya pemahaman siswa menyelesaikan soal pecahan campuran dalam operasi penjumlahan, dukungan orang tua berkriteria cukup, setelah pulang sekolah dan fasilitas yang ada berkriteria cukup.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Results From Learning, Learning Difficulties, Factors Causing Learning Difficulties. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2021 07:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2021 07:35 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/956 |
Actions (login required)
View Item |